Rabu, 07 Maret 2012


Seseorang pernah mengatakan bahwa kesederhanaan  untuk seorang pemimpin sangatlah  jarang dan sulit ditemukan dijaman sekarang yang  sangat materialistik. Namun bukan berarti kesederhanaan untuk pemimpin itu sudah tidak dapat lagi ditemukan di bumi Allah ini.
Salah satunya yang dapat kita temukan adalah pada sosok Ust. Faqih Jarjani, Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah. Beliau merupakan alumni dari pondok Pesantren Pamangkih, dengan basis keilmuan agama inilah beliau aktif dalam kegiatan dakwah di masyarakat dan menjadi kader aktif Partai Keadilan Sejahtera HST.  Beliau menjadi anggota DPRD pertama dari Partai Keadilan (1999), menjadi Wakil Ketua DPRD (2004), menjadi Ketua DPRD HST (2009)   dan selanjutnya menjadi Wakil Bupati HST (2010).
Kesederhanaan yang sangat mudah untuk ditemukan dalam kehidupan beliau dan keluarga di kesehariannya. Mudah-mudahan gambaran sedikit kesederhaan yang ada pada diri Ust. Faqih Jarjani dalam tulisan singkat ini menjadi pemacu, motivasi dan inspirasi buat kita semua.  Beberapa kesederhanaan yang dimaksud antara lain adalah :
1.       Rumah sepertinya menjadi wujud fisik yang nyata untuk merefresentasikan sebuah kesederhanaan. Kalau dilihat  untuk sekelas Wakil Bupati  maka rumah Ust. Faqih Jarjani sangatlah jauh dari yang namanya rumah pejabat negara. Rumah kecil yang asri  menjadi tempat berkumpul beliau dengan keluarga untuk menjadikan rumah sebagai sekolah utama anak-anak beliau.  Bahkan sebagian rumah beliau sudah diberikan untuk menjadi ruangan TK Islam Terpadu yang beliau bangun, TK yang beliau impikan akan mencetak generasi yang Islami


2.       Keseharian beliau menggunakan sepeda motor. Beliau maupun isteri beliau (Bu Bibah) dalam kehidupan keseharian biasanya menggunakan sepeda motor, karena memang secara pribadi beliau tidak memiliki mobil pribadi. Sehingga sangat sering kalau beliau mau ke pasar, ta’ziah, saruan (memenuhi undangan orang), dll nya selalu  menggunakan sepeda motor
3.       Kesederhanaan yang terlihat dari pakaian yang beliau dan keluarga pakai. Pakaian yang dimaksud disini bukan sekedar baju atau celana, tapi juga aksisores seperti jam tangan, cincin dll, bahkan sangat jarang beliau memakai aksisores. Pakaian yang beliau pakai dapat dikatakan sederhana, tidak berlebihan dan tidak terkesan mewah. Pakaian yang biasa dipakai oleh orang-orang biasa, walaupun sebenarnya beliau adalah seorang Wakil Bupati namun kesederhanaan dalam berpakaian tetap ada dalam diri beliau.
4.       Kesederhanaan juga terlihat di kebijaksanaan beliau dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Dengan sikap ini dapat diketahui dengan pasti perkara-perkara yang lebih memerlukan perhatian dan konsentrasi, tenaga ataupun uang. Tanpa mengetahui dengan pasti perkara-perkara yang harus didahulukan maka akan lebih cenderung untuk mengikut hawa nafsu sehingga mengakibatkan gagal di dalam mengimbangi urusan kehidupan. Ust. Fqih Jarjani sangat sederhana dalam hal ini, bahkan banyak yang tidak tahu kalau beliau menyisihkan pendapatan setiap bulannya untuk membantu biaya pendidikan beberapa orang anak yatim piatu.
5.       Kesederhanaan dalam sikap dan amal.  Ust. Faqih Jarjani sangat sederhana dalam bersikap, lugas, santun, ramah dan supel. Agama Islam menganjurkan agar umatnya sentiasa hidup sederhana dalam semua tindakan, sikap dan amal. Islam adalah agama yang berlandaskan nilai kesederhanaan yang tinggi. Kesederhanaan adalah budaya yang telah diterapkan oleh Rasulullah S.A.W. Budaya sederhana dan sentiasa mendaulatkan prinsip keadilan serta kemanusiaan inilah yang membentuk generasi Islam yang begitu mantap dan berkualitas

Kesederhanaan adalah satu ciri yang umum bagi Islam dan salah satu perwatakan utama yang membedakan dari umat yang lain. Ini selaras dengan firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 143: yang artinya: "Dan demikianlah kami telah menjadikan kamu (umat Islam) umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia."
Semoga ini menjadi inspirasi dan motivasi. Semoga  keberkahan selalu menyertai Ust. Faqih jarjani Sekeluarga dan kita semua, Amin.

1 komentar:

  1. kalo anis matta sederhana juga ya pake jam tangan rolex seharga 80jt. trus hilmi yang punya tanah berhektar2 sederhana juga ya....

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!