Senin, 07 Mei 2012


PKS Cinta Alam

PKS-KALSEL.OR.IDMANDIANGIN, Sebagai partai dakwah berbasis kader, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus melakukan pembinaan terhadap anggotanya. Berbagai bentuk pembinaan untuk peningkatan kapasitas kepribadian (capacity building) anggota terus dilakukan, salah satunya melalui Jambore (Mukhayam) Pandu Keadilan Dasar 2 (MPK-D2) yang dipusatkan di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Mandiangin, Kabupaten Banjar. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 6-8 April 2012, digawangi oleh Bidang Kaderisasi DPW PKS Kalsel dan dieksekusi oleh Bidang Kepanduan dan Olahraga (BKO) DPW PKS Kalsel.
Ketua DPW PKS Kalimantan Selatan mengatakan, program Jambore Pandu Keadilan Dasar 2 ini bertujuan untuk membentuk kader sehingga memiliki kepribadian paripurna (rabbani), baik secara fisik, mental maupun spritual.
“PKS sangat peduli untuk membina kadernya dari segala aspek agar memiliki kepribadian robbani. Di di Mandiangin, kita mencetak Kader militan luar dalam, yang kuat secara jasadiyah, kuat secara ruhiyah dan kuat secara fikriyah. Program ini berkelanjutan dan dilaksanakan rutin setiap Tahun untuk berbagai level pembinaan,” kata Ibnu, di Mandiangin, Jumat (06/04/2012).
PKS Kalimantan Selatan, juga membawa puluhan bibit tanaman buah yang kemudian diserahkan secara resmi oleh ketua DPW kepada Ketua Panitia MPK-D2, Khairuddin Al-Asy’ari dihadapan seluruh peserta sebagai bentuk kecintaan terhadap kelestarian alam.
“Setelah menolak kenaikan BBM, PKS juga sangat serius dalam melestarikan lingkungan hidup, sehingga ketika PKS turun ke alam, maka PKS akan memberikan manfaat, bukan merusaknya” kata Ibnu dalam amanatnya pada saat upacara pembukaan.
Ibnu Sina juga menambahkan bahwa Mukhayam ini wajib diikuti oleh seluruh kader tanpa kecuali, “Mukhayam ini adalah tarbiyah yang menyatukan fikriyah, aqliyah, dan jasadiyah, program ini wajib untuk semua kader rijal yg selalu siap siaga di medan dakwah, karenanya Mukhayam itu Laki!” pungkas Ibnu dalam sambutannya, yang kemudian disambut oleh gemuruh takbir peserta.
Ketua Panitia, khairuddin yang akrab dipanggil Heru mengatakan, bahwa Kegiatan MPK-D2 ini diikuti oleh kader-kader anggota muda PKS Se-Kalimantan Selatan, menu kegiatannya sendiri lebih banyak bersifat Fisik, setiap peserta wajib membaca Qur’an 1 Juz sehari, melakukan Push-Up, Sit-Up dan Back-Up minimal 50 kali, lari keliling bukit dan dipuncaknya akan ada Long March selama 8 Jam.
“kami yakin, dengan fisik yangn kuat, maka amanah-amanah dakwah akan bisa diselesaikan dengan lebih baik” ucap Heru.
Setelah Long March , Acara akhirnya ditutup secara resmi oleh Hendra, Kabid Humas DPW PKS Kalsel pada Ahad petang (8/4/2012). Hendra mengatakan bahwa dalam kegiatan mukhayam inilah, muncul bentuk kesabaran yang sesungguhnya, bentuk ukhuwah yang sebenarnya, dan rasa cinta yang tak bertepi.
“InsyaAllah, dengan begini kita akan terbiasa untuk selalu bersiap-siaga, pujilah Allah, Istighfarlah… dan Allah akan memberikan pertolongan dan kemenangan pada dakwah kita…”pungkas Hendra, dalam amanatnya di upacara penutupan.
Acara penutupan sendiri, dihiasi dengan doa yang mendalam untuk beberapa peserta yang masih tertinggal jauh dari longmarch serta diakhiri dengan salam peluk keliling oleh peserta dan panitia. (MSS)

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!