Selasa, 20 Maret 2012

BARABAI - Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj Hayatun Fardah Rudy Ariffin bersama Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid mengunjungi Desa Kayu Bawang, Kecamatan Barabai, yang diplot sebagai desa percontohan PKK, Kamis (15/3) sekitar Pukul 10.30 Wita.
Ketua TP PKK Kecamatan Barabai Nor Alimah mengungkapkan, kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj Hayatun Fardah Rudy Ariffin sejatinya memberikan pengarahan dan bimbingan terkait desa percontohan saat menghadapi persiapan lomba Tingkat Provinsi.
Hj Hayatun Fardah dalam sambutannya mengungkapkan, peran besar PKK untuk kembali menghidupkan Posyandu yang sebelumnya terbatas hanya untuk memberikan pelayanan balita dan KB serta mengalami kevakuman karena beragam persoalan.
Diterangkannya, untuk menghidupkan kembali posyandu, dirinya bersama TP PKK Provinsi telah melakukan banyak langkah menggali masalah dan merumuskan program demi tumbuh kembangnya PKK seperti posyandu percontohan yang dibina langsung TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan.
Menurutnya, langkah ini hendaknya dapat diikuti oleh TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa masing-masing membina posyandu percontohan, mengingat posyandu sekarang telah memiliki multifungsi sebagai P4 PKK.“P4 PKK adalah Pusat Pelayanan Pembelajaran Percontohan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga yang meliputi antara lain layanan PAUD, Usaha Perbaikan Gizi Keluarga, Bina Keluarga Balita, Keaksaraan Fungsional, Posyandu Balita dan Lansia, Bina Kelompok Lansia,” ujarnya.
Ditambahkannya, pemilihan desa percontohan hendaknya dimulai dengan penilaian bahwa desa yang bersangkutan telah memiliki ragam kemajuan di banyak bidang dan program pembangunan pemerintah senantiasa jalan. Kemudian warga dan aparat desanya cepat tanggap dan mudah bergerak untuk menyukseskan program yang diusung bersama.
Kegiatan yang dirangkai dengan dialog bersama Hj Hayatun Fardah di Sekretariat PKK Desa Kayu Bawang dihadiri Camat Barabai Setia Budi, Perwakilan SKPD terkait, Pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa, Pembakal Kayu Bawang Hailulah, serta undangan lainnya.(amt/ij/abj)
Sumber : Radar Banjarmasin

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!